Fit for The Future

Fit for the Future : A Shining of Experience

     Kuliah tamu kali ini dibawakan oleh Bapak Ahmadsyah Alghozi Nugroho atau biasa dipanggil "Holly Ghozi". Beliau merupakan pria yang berasal dari jember dengan segudang pengalaman tentang perjuangan yang dibagikan pada pertemuan saat itu. Setelah menyelesaikan kuliahnya selama 5 Tahun di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dari jurusan Informatika.  Beliau menjadi Finder dan Oracle DBA selebum melanjutkan S2-nya di  Universitas Indonesia di jurusan managemen finansial selama 3 tahun. dimana dilanjutkan menjadi IT Consultant di Landmark-Halliburton Indonesia selama 1 tahun sebelum ditugaskan sebagai Data managemen konsultan di Shell, Brunei  selama 1 tahun, senior konsultan selama 1 tahun di Landmark Graphics Netherlands, Global Corporate Data Store Center of Expertise dari Shell selama 3 tahun. Selanjutnya beliau bekerja sebagai konsultan managemen di Halliburton, Netherland, E&P Systems Engineer di Qatar petrolium selama kurang lebih 3 tahun dan kembali ke Sheel hingga saat ini. untuk Biografi lengkap beliau, beliau bagikan melalui link LinkedIn miliknya yaitu  https://www.linkedin.com/in/hollyghozi/ . 

     Selain pengalaman kerja yang cukup banyak, beliau juga memiliki banyak spesialisasi, seperti :
•TOGAF™ 9 Certified

•Project Management Professional (PMP)
IT Technical, Project & Data Management, Finance Management
•Oracle Database 8i, 9i, and 10g Certified DBA (OCP)
•RedHat Linux Certified Engineer (RHCE) 4.0
•Sun Certified Java Programmer (SCJP) 6.0
•Cisco Certified Network Associate (CCNA) 2011
•IT Service Management (ITIL) V3
•E&P Subsurface, Well, Production, and Drilling Data Management 
yang cukup membantu dalam tugas-tugas yang dilaksanakan beliau selama bekerja.

     Materi yang dibawakan kali ini lebih kearah pengalaman beliau yang dapat peserta tekuni untuk berubah menjadi lebih baik. dimana beliau menjelaskan bahwa terdapat 2 tugas yaitu sebagai engineer(membuat sesuatu untuk belajar) atau scientist(belajar untuk membuat sesuatu), dimana harapannya sebagai lulusan kampus teknik, kita dapat benar-benar menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Beliau juga berpendapat bahwa data itu sangat penting dan mahal karena untuk dapat mengumpulkan data bisa memerlukan dana hingga jutaan dolar sehingga kita disarankan untuk dapat berinvestasi untuk mencari data yang kita perlukan.

     Selama bekerja, beliau tidak saja bertugas sebagai teknisi IT, beliau juga merasakan tugas sebagai user sehingga beliau mendapat pandangan baru selama bertugas sebelum kembali ke ranah IT.

     Interest diri seseorang juga penting dimiliki setiap orang guna mengarahkan kita untuk meraih masa depan yang kita inginkan karena interest ini berfungsi sebagai visi dan tujuan kita yang harus jelas agar memudahkan kita mengarahkan diri kepada niat dan cita-cita yang di impikan.Salah satu teman beliau mempunyai salah satu cara yang cukup unik untuk menunjukan interest itu melalui Vision Board yang ada di kaca kamar teman beliau, selain Vision Board terdapat cara lain untuk mendapatkan niat, yaitu dengan mengambil setiap kesempatan yang ada.

     Menjadi pribadi yang flexible dan tidak terpaku pada masalah sebagai generalist atuapun spicialist juga menjadi tuntutan agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang berubah-ubah.juga selain hal-hal tersebut diperlukan juga Communication skill, Leadership skill, Networking skill serta softskill lainnya yang dapat menunjang diri pribadi agar dapat berhasil setelah lulus.
   
     Communication skill pasti sangat penting terutama dalam hal berbicara didepan orang-orang banyak. Beliau menjelaskan bahwa terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan ini, salah satu yang di sarankan adalah dengan mengikuti Toastmaster International. Disana setiap pribadi dapat belajar tentang bagaimana cara berbicara didepan umum, yang tentunya akan dinilai serta nilainya digunakan sebagai pedoman dalam meningkatkan kemampuan, tidak lupa juga bahwa kegiatan dari Toastmaster International ini juga menggunakan bahasa inggris sehingga tidak hanya melatih agar dapat berbicara di depan publik tetapi juga meningkatkan kemampuan bahasa inggris tiap pribadi yang mengikutinya.

     Leadership skill yang diharapkan banyak perusahaan bukan lebih mengarah kepada managemen, sebagai bos. Tetapi tentang berani menjadi diri sendiri, authenticity, growth, collaboration & performance yang kita lakukan. dengan prinsip kita melayani orang lain bukan menyuruh atau memerintah orang lain.

     Networking skill yang dimaksud oleh beliau adalah mencari mentor bagi kita dimana mentor-mentor ini memiliki kelebihan bagi kita untuk kita teladan dan dengar pendapatnya dengan harapan pendapat-pendapat mereka dapat menjadi pedoman dalam kita melaksanakan sesuatu ataupun pertimbangan dalam memilih sesuatu yang akan sangat berdampak bagi sebagian atau banyak orang.

    Di akhir presentasi, beliau menyampaikan agar setiap pribadi bersiap untuk mengikuti perkembangan zaman seperti penggunaan Drone, Cloud, serta Digital Twins. Yang besar kemungkinan untuk menjadi pekerjaan yang sangat diperlukan dimasa mendatang terutama di revolusi industri 4.0 .

     

Comments