Koleksi Kode

Koleksi Kode PBO dan PS

     Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) merupakan pemrograman yang berorientasi pada objek dimana semua data dan fungsi di jadikan dalam suatu kelas-kelas atau objek-objek tertentu. Dimana dari setiap kelas / objek dapat menerima perintah tertentu. Pemrograman Terstruktur(PS) merupakan suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah penyelesaian masalah serta  merupakan aktifitas pemrograman yang dilakukan dengan memperhatikan urutan dari setiap langkah perintah yang dikerjakan secara sistematis, logis dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Perbedaan dari keduanya adalah, PBO ketika memecahkan suatu masalah bukan melihat cara menyelesaikan tetapi objek-objek yang dapat memecahkan masalah tersebut. Sedangkan PS menggunakan prosedur yang teratur untuk mengoprasikan struktur data. Perbedaan berikutnya adalah PS biasanya digunakan untuk program yang sederhana dan umumnya kurang dari 100 baris, sedangkan untuk 100 baris atau lebih biasanya karena cukup rumit maka menggunakan PBO.

    Untukcontoh dari perbandingan PS dan PBO adalah sebagai berikut
    -   Pemrograman Terstruktur (PS)
              1. Memecah program dalam fungsi dan data
              2. Memiliki ciri Berurutan, Pemilihan dan Perulangan
              3. Struktur program rumit karena berupa urutan proses dan fungsi-fungsi
              4. Kode yang sudah pernah dibuat jarang dimanfaatkan kembali
              5. Efektif jika digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah kecil
              6. Mudah di awal, kompleks di proses selanjutnya
              7. Eksekusi lebih lambat karena setiap perintah dikerjakan berurutan
          Contoh Koding-an:
       //program mencari nilai rata-rata
       #include<stdio.h>
       #include<string.h>
       int main()
       {
               int i,f=0;
              double rata,a,b=0;
              while((scanf("%lf",&a))!=EOF)   
              {
                     b=b+a;
                     f++;
              }
              rata=b/f;
              printf("%lf\n",rata);
        }
         Hasilnya :
   

           
    -   Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
              1. Menggabungkan fungsi dan data dalam kelas-kelas atau objek-objek
              2. Memiliki ciri Pengemasan, Penurunan sifat dan Perbedaan bentuk dan perilaku
              3. Struktur dari program ringkas dimana cukup membuat Objek atau Kelas dan bekerja                            sesuai tugasnya.
              4. Kode program yang pernah dibuat dapat digunakan berkali-kali sehingga dapat                                     menghemat memori
              5. Efektif untuk menyelesaikan masalah yang besar
              6. Sulit diawal karena harus membuat kelas-kelas pembagian fungsi, namun selanjutnya                          akan lebih mudah digunakan
              7. Eksekusi lebih cepat karena dilakukan bersamaan. Program hanya mengatur objek,                              properties dan metodenya saja.
              Contoh Koding-an:
       //Program menghitung luas benda
       #include <iostream>
       using namespace std;

       class PersegiPanjang
       {
       int panjang,lebar;
       public:

       int luas()
       {
               return (panjang*lebar);
       }

       void set_values(int x,int y)
       {
       panjang = x;
       lebar = y;
       }
       };

       class Segitiga
       {
       int alas,tinggi;
       public:
       float luas()
       {
       return (alas*tinggi*0.5);
       }
       void set_values(int a, int t)
       {
       alas = a;
       tinggi = t;
       }
       };

       class Lingkaran
       {
       int R;
       public:
       float luas()
       {
       return(3.14*R*R);
       }
       void set_values(int jari)
       {
       R=jari;
       }
       };

       int main()
       {
       Segitiga Segitiga;
       PersegiPanjang Kotak;
       Lingkaran Bulat;
       Segitiga.set_values(14,8);
       Kotak.set_values(15,29);
       Bulat.set_values(9);
       cout << "Luas Segitiga  adalah " << Segitiga.luas() << endl;
       cout << "Luas Kotak  adalah " << Kotak.luas() << endl;
       cout << "Luas Lingkaran  adalah " << Bulat.luas() << endl;
       }
              Hasilnya:










Comments